5/25/2008

BBM Naik Lagi, Rakyat Lapar Lagi, Mahasiswa Demo Lagi

Harga yang sudah naik tidak bisa diturunkan, karena sifat harga BBM seperi uap yang terus membumbung keangkasa

Kenaikan BBM dengan mengalihkan dana kompensasi dinilai tidak menjawab persoalan kemiskinan masyarakat bangsa ini, justru justru malah sebaliknya.
Aktifis mahasiswa dalam orasi-orasinya, mengibaratkan rakyat kecil sudah jatuh tertimpa tangga. Selama ini rakyat kecil sudah susah mencari sesuap nasi dan hanya bisa mencukupi kehidupannya sehari-hari.Dengan kenaikan harga BBM, para supir, pedagang, penarik becak, nelayan, buruh pabrikdan rakyat kecil lainnya semakin susah membiayai kehidupannya, apalagi menyelokan anak-anaknya Akibat kenaikan BB
M secara langsung akan menaikan harga sembilan bahan pokok, harga pupuk dan sendi-sendi kehidupan lainnya.



Pemerintah diimbau untuk tidak tergesah-gesah menaikan harga BBM. Sebab, daya tahan masyarakat akibat kenaikan BBM pada Oktober 2005 masih membekas di benak masyarakat, terlebih masyarkat MISKIN. perbedaan antara Indonesia dan negara-negara lain terhadap kenaikan harga BBM sebagai imbas kenaikan harga minyak mentah dunia adalah daya beli. Sebagian besar daya beli masyarakat Indonesia masih jauh mendekati kemampuan, oleh karena itu, beberapa kalangan mengkhawatirkan akan adanya gejolak social yang melanda bangsa ini.

Tidak seharusnya pemerintah dengan sekonyong-konyong koter, menaikan harga BBM, seharusnya penaikan harga harus di barengi dengan pengupayaan alternatif lain, misalnya efisiensi anggaran kementerian atau lembaga untuk belanja rutin dan barang hingga 20 persen, sehingga bisa menutup defisit sekitar Rp 20-25 triliun
.
"Harus diupayakan peningkatan produksi (lifting) minyak yang masih terjadi kesimpangsiuran data produksi," Jika memungkinkan ntuk dilakukan rescheduling (penjadwalan kembali) pembayaran utang luar negeri kenapa tidak”.

Secara bersamaan, pemerintah juga harus menggerakan gerakan hemat energi dan pengembalian dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) harus terus digalakkan untuk meminimalkan kebocoran anggaran.




0 Comments:

 
ss_blog_claim=c4f1c8c20848112b99380e071226db1c