12/21/2007

STRATEGI JITU MELINDUNGI HAK-HAK ANDA JIKA ANDA MENJADI TERDAKWA

STRATEGI JITU MELINDUNGI HAK-HAK ANDA JIKA ANDA MENJADI TERDAKWA

Oleh:
(Uray Mashuri Ar)
Penulias adalah alumnus sekolah tinggi ilmu hukum IBLAM Jakarta, sekaligus pemerhati masalah kajian agama dan demokrasi di IRD (Institute For The Study Of Religion And Democracy ) Jakarta



Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dimiliki seseorang sejak ia lahir dan merupakan pemberian dari Tuhan. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 .
Itu artinya bahwa, bangsa dan Negara harus melindungi hak-hak warganya, dari intimidasi, dan tindakan lain yang bersifat pelanggaran terhadap manusia (HAM). Saat ini, setiap bangsa bahkan setiap dari harus berhati-hati menjaga dirinya dari ancaman” ancaman itu bisa dating dari manapun, bahkan kadangkala tanpa kita sadari kita masuk lubang buaya, alias penjara tanpa tau salah dan dosa kita.
Oleh karena itu, menyadari hak-hak individu sebagai warga Negara dan sebagai manusia adalah wajib hukumnya, agar perlakuan yang tidak seharusnya kita dapatkan terjadi menimpa diri kita. Di bawah ini adalah tip dan trik, langkah jitu jika anda menjadi tersangka dan atau terdakwa.

Pelajarilah hak-hak anda.
Tindakan orang pengambilan dan pernyataan orang membuat sebelum dan mengikuti penahanan bisa mempunyai dampak sangat besar atas kasus anda!

1.Sangat penting: tetap Diam!
Jika anda sedang ditanyai kesempatan baik anda adalah seorang tersangka dan mereka sedang mengumpulkan bukti melawan anda. Pelaksanaan hukum akan menawari anda dorongan untuk bekerja sama dan memberi tahu anda hal akan pergi lebih mudah pada anda jika anda berbicara dengan mereka, tetapi, melakukan ini mungkin menaksir hak-hak anda sekitar risiko dan membahayakan kasus anda! Jangan jawab QUESTIONS WITHOUT A ATTORNEY!

2. Jika membaca atau kata mereka kepada anda Miranda anda hak-hak, mereka mencurigai anda sudah melakukan kejahatan.
Baru saja selama kalau seorang perwira belaka mendekati dan menanyai anda, anda mempunyai hak, jika anda dihentikan, untuk menolak untuk menjawab pertanyaan yang mana pun jika jawaban akan cenderung membuktikan anda bersalah.
Juga, jika anda hanya sedang dihentikan, anda bisa menolak untuk membolehkan seorang perwira menggeledah orang anda. Lebih lanjut, apa saja kata anda bisa dipakai sebagai bukti melawan anda.


Kadang-kadang orang berpikir bahwa apa sedang kata mereka menang\t membuktikan mereka, bersalah waktu sebenarnya, apa kata mereka memberikan hubungan di rangkaian informasi yang bisa membuktikan mereka bersalah

3. Bila anda mungkin ditangkap oleh seorang polisi yang secara pribadi melihat anda merusak undang-undang negara bagian, ordonansi kota atau undang-undang federal yang mana pun.
Undang-undang mungkin menjadi kejahatan serius (kejahatan) atau melukai perasaan kurang (penyelewengan) atau kalau ada surat perintah untuk penahanan anda, apakah anda mengetahui surat perintah.

4.Jika anda ditangkap, tidak membantah dengan atau menolak polisi. Membantah atau menolak polisi tidak akan menolong anda; mungkin menambah kesempatan anda bahwa polisi akan menangkap anda dan mengajukan tuduhan kejahatan terhadap anda.
Bahkan mungkin juga akan memberi mereka dasar-dasar untuk mengajukan semakin banyak tuduhan kejahatan terhadap anda, dan mungkin membuatnya lebih sukar bagi anda untuk mendapat dari penjara di atas jaminan jika anda dituduh.
Satu kali perwira tidak lagi mempunyai dasar-dasar untuk menahan anda, sebaiknya kata mereka kepada anda bahwa anda bebas pergi.

5.Jika anda ditangkap anda mempunyai hak-hak bahwa anda sebaiknya sadar of:
Hak untuk tetap diam dan tidak menjawab pertanyaan yang mana pun di seluruh hak untuk mengenal itu jika anda meniadakan (menyerah) hak anda untuk tetap diam dan menjawab pertanyaan, polisi bisa mempergunakan jawaban anda melawan anda di pengadilan untuk menangkap anda convicted.
Sekalipun anda mulai menjawab pertanyaan, anda mempunyai hak untuk berhenti menjawab pertanyaan kapan saja dan untuk berbicara dengan seorang pengacara; Anda mempunyai hak untuk berbicara secara pribadi dengan seorang pengacara sebelum anda menjawab pertanyaan yang mana pun atau tanda apa saja Jika anda tidak bisa mampu membeli seorang pengacara dan jika kejahatan untuk yang anda sudah ditangkap mempunyai waktu penjara sebagai hukuman mungkin, anda mempunyai hak untuk menyebabkan seorang pengacara diangkat bagi anda untuk mewakili anda di tak ada biaya kepada anda sebelum ditanyai, dan untuk membuat pengacara itu hadir dengan anda selama soal-jawab yang mana pun ke yang anda nanti mungkin menyetujui tunduk.
Teringat, anda tidak bisa dihukum karena menolak untuk menjawab seorang perwira\S pertanyaan.
Jika anda mencoba bekerja sama dengan menjawab pertanyaan sedangkan anda sedang dipegang di tahanan polisi, anda mungkin menimbulkan kesukaran bagi pengacara anda dalam membela anda di kelak kemudian hari.
Usahakan bisa berbicara dengan seorang PENGACARA. Jika anda ternyata dipertanyakan atau ditangkap penting bagi anda untuk mengetahui hak-hak anda. Bersalah atau tidak bersalah, penting bagi anda untuk mengikuti mereka di urutan bagi pengacara anda untuk menyediakan penjagaan terbaik untuk anda. Oleh karena itu belajarlah waspada dan pelajari sedikit demi sedikit tentang hak-hak anda, jangan biarkan diri anda menjadi bulan-bulanan sekelompok oknum yang tidak bertanggung jawab. Waspadalah !!. ..

0 Comments:

 
ss_blog_claim=c4f1c8c20848112b99380e071226db1c